News

CALL FOR PAPERS : Seminar Nasional Teknologi Industri 2014 (SNTI2014) Universitas Trisakti

snti2014

Tanggal Pelaksanaan: Rabu dan Kamis, 4-5 Juni 2014
Tempat Pelaksanaan: Gedung Hery Hartanto, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti

Tanggal-tanggal Penting :
Batas waktu penerimaan makalah: 22 Maret 2014
Pengumuman penerimaan makalah: 31 Maret 2014
Batas waktu Registrasi: 17 Mei 2014
Pengumuman jadwal presentasi: 2 Juni 2014
Pelaksanaan Seminar: 4-5 Juni 2014

Untuk lebih lengkapnya, kunjungi http://sites.google.com/site/sntiusakti/.

LATAR BELAKANG

Pemberlakuan sistem perdagangan bebas Asia (AFTA) pada tahun 2015 dan persaingan produk teknologi yang semakin ketat, menuntut semua komponen bangsa Indonesia untuk lebih siap mengembangkan keunggulan dan melakukan percepatan pembangunan di bidang industri yang lebih akurat dan signifikan. Perkembangan teknologi baru dalam bidang Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri maupun Teknik Informatika, seperti perkembangan telekomunikasi, jaringan komputer, robotika, teknik dan manajemen industri, penemuan dan penggunaan energi baru dan terbarukan berdampak pada perubahan lingkungan dan daya saing industri. Upaya-upaya mengembangkan inovasi teknologi yang ramah lingkungan untuk penguatan daya saing perlu terus dilakukan, terutama melalui penelitian-penelitian baik di perguruan tinggi, lembaga riset pemerintah maupun swasta. Diperlukan suatu wahana untuk saling bertukar informasi tentang hasil-hasil dan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka pengembangan inovasi teknologi tersebut. Informasi ini juga perlu diketahui oleh semua pihak yang memanfaatkan teknologi dan produk teknologi agar mereka dapat melakukan penyesuaian terhadap teknologi yang ada, sehingga dapat memberikan hasil yang lebih optimal dalam semua proses industri.

Seminar Nasional Teknologi Industri diselenggarakan secara berkala setiap 2 (dua) tahun diharapkan dapat menjadi jembatan bagi pihak-pihak yang terkait dengan teknologi industri untuk dapat saling bertukar informasi. Seminar Nasional Teknologi Industri ini meliputi bidang: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Informatika. Oleh karena itu mahasiswa, dosen, praktisi dan para peneliti dalam bidang teknologi industri diharapkan dapat berpartisipasi pada acara seminar ini.

TUJUAN

Tujuan yang diharapkan dapat dicapai pada Seminar Nasional Teknologi Industri adalah:

  • Mempertemukan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perkembangan teknologi industri yang ramah lingkungan untuk dapat bekerja sama menghasilkan suatu solusi dalam meningkatkan daya saing industri.
  • Sebagai media informasi dan sosialisasi penelitian-penelitian dalam bidang teknologi industri pada tingkat universitas, kalangan usaha, kalangan industri dan pemerintah.
  • Mendukung pengembangan inovasi nasional untuk melahirkan produk industri yang inovatif.

BIDANG CAKUPAN

Makalah yang disajikan pada Seminar Nasional Teknologi Industri 2014 mencakup bidang-bidang berikut tanpa menutup kemungkinan bagi tema-tema yang lain:

BIDANG TEKNIK MESIN:
Konstruksi Mesin, Konversi Energi, Material Teknik, Proses Produksi dan Manufaktur

BIDANG TEKNIK ELEKTRO
Tenaga Listrik, Telekomunikasi, Kontrol / Kendali, Elektronika, Sistem Komputer

BIDANG TEKNIK INDUSTRI:
Manajemen Rantai Pasok, Sistem Pengukuran Kinerja, Rekayasa Kualitas, Sistem Produksi, Analisis Keputusan, Desain Kerja dan Ergonomi, Perancangan dan Pengembangan Organisasi dan Bisnis, Pemodelan dan Simulasi, Optimisasi

BIDANG TEKNIK INFORMATIKA dan SISTEM INFORMASI:
Rekayasa Perangkat Lunak, Kecerdasan Komputasional, Keamanan Sistem Informasi, Jaringan Komputer dan Keamanan Sistem Komputer, Grafika Komputer dan Multimedia, Rekayasa Terintegrasi Sistem Informasi, Tatapamong Teknologi Informasi

Sekretariat Panitia
Panitia Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) 2014
Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti
Gedung Harry Hartanto Lt. IV Kampus A Usakti
Jl. Kyai Tapa No.1 Grogol
Telp./Fax.:+62-21-560-5841 ekstensi 8406
sntiusakti at gmail dot com
twitter.com/sntiusakti
facebook.com/sntiusakti